Rabu, 21 September 2016

Perbedaan Mode Warna RGB dan CMYK

Perbedaan RGB & CMYK - Kamu suka edit foto atau desain?? atau mungkin kamu anak multimedia?? tentu saja tidak asing lagi dengan kata kata RGB dan CMYK color, yap kira kira apa ya itu RGB dan CMYK?? serta apakah beda dan fungsi masing masing mode tersebut?? yuk kali simak dengan seksama.

APA ITU MODE WARNA RGB & CMYK

RGB yakni singkatan dari Red-Green-Blue, tiga warna basic yg dijadikan patokan warna dengan cara universal (primary colors). Bersama basis RGB, kita sanggup mengubah warna ke dalam kode-kode angka maka warna tersebut dapat tampil universal. CMYK adalah standar industri cetak kala ini. Singkatan dari Cyan ? Magenta - Yellow, & K mewakili warna hitam. CMYK yaitu standar warna berbasis pigment-based, menyesuaikan diri dgn standar industri printing. Hingga kini, dunia cetak-mencetak menggunakan 4 warna basic dalam menciptakan warna apa juga.

perbedaan CMYK DAN RGB
perbedaan warna rgb dan cmyk

Warna CMYK merupakan warna yg berdasar terhadap pigmen warna (zat warna) yg biasanya difungsikan dalam technologi pencetakan. Tidak Serupa bersama RGB yg mengabaikan warna hitam, sehingga dalam CMYK mengabaikan warna putih (dikarenakan dianggap warna putih ialah warna sektor cetakan/kertas). Seandainya kamu periksa tinta terhadap printer warna, sehingga kamu dapat menjumpai 4 warna tinta adalah Cyan (biru kehijauan), Magenta (seperti pink namun lebih sepuh), Yellow (Kuning) & Black (Hitam).

Terhadap dasarnya printer & layar merupakan dua piranti yg tidak sama, bahkan basis manajemen warnanya juga berlainan, layar memakai mode RGB (seperti serta mata manusia-red) Sedangkan printer memakai CMYK. Yg satu memakai proses rasterisasi yg tingkat gradasinya lebih pendek yg satu memanfaatkan tingkat refleksi yg gradasinya lebih panjang. Mencoba tonton di Photoshop atau Corel di mana palet warna RGB memanfaatkan 255 tingkat gradasi sedang CMYK cuma 100 tingkat gradasi, pendek kata ada rincian warna yg tak mampu disimulasikan oleh printer (piranti berbasis CMYK). Salah satu trick buat mengatasi perbedaan dalam konversi warna dari RGB ke CMYK merupakan ‘kalibrasi’. Proses kalibrasi warna ialah proses pencocokan warna biar seluruh piranti pemroses citra (image) memakai satu patokan yg mirip. Utk itu di aturlah supaya warna terhadap layar yang merupakan piranti yg jangkauan warnanya paling tinggi cuma menampilkan warna yg dapat di hasilkan oleh printer. Menjadi kelak tatkala kita dapat menempa akhirnya dapat ‘mirip’ seperti yg kita liat di layar. Memang Lah susah buat menciptakan layar & printer bener bener sinkron, sebab layar mengacu kepada system rgb di mana warna basic yg dipergunakan 3 macam. Sedangkan printer saat ini kebanyakan memanfaatkan cmyk yg 4 warna, malah ada yg memakai 6 atau 7 warna basic. Lagi juga mutu & pengaturan brightnes & contras layar paling sering kita set manual. Memang Lah ada profil utk kalibrasi tetapi tak bisa saja mampu sama 100%..

Oke cukup sduah artikel blog sembile tentang perbedaan warna RGB dan warna CMYK, semoga artikel ini bermanfaat buat teman teman semua :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Bang Tama

REMAJA GOBLOG

Tips Kecantikan

Do-Musik.com